SANCTUS ANSELMUS


(Sumber gambar klik gambar)
Anselmus lahir di Aosta, Italia pada tahun 1033. Ayahnya, Gondolvo adalah seorang bangsawan dan juga politikus di Italia. Ibunya, Ermenberga adalah seorang wanita kaya raya dari Burgundia. Ayahnya berkeinginan agar Anselmus berkarir dibidang politik, namun hatinya tidak tergerak dan lebih memilih untuk mengembara keliling Eropa.

Ketika berusia 27 tahun (tahun 1060), Anselmus masuk ke biara Bec, di Normandia. Disini dia belajar dibawah bimbingan Lanfranc, seorang pemimpin biara yang berkepribadian menarik dan seorang teolog kawakan di Eropa. Pada tahun ini juga Lanfranc diangkat menjadi Uskup Agung Canterbury – Inggris. Tahun 1066, Anselmus diangkat menjadi pemimpin di biara Bec. Pada masa kepemimpinannya, Anselmus menata biara itu menjadi suatu pusat ilmu pengetahuan dan kerohanian.

Lanfranc wafat pada tahun 1089. Terjadi kekosongan kepemimpinan di Keuskupan Agung Canterbury selama itu. Pada tahun 1093, raja William II mengalami sakit keras, dan dalam pembaringannya ia menunjuk Anselmus sebagai uskup agung Canterbury. Anselmus menyetujui permintaan Raja William II dengan syarat bahwa raja harus mengakui kepemimpinan Paus Urbanus II.

Tiga bulan kemudian Anselmus dilantik menjadi uskup agung. Tidak lama setelah itu disusul perselisihan antara dia dan raja mengenai persoalan tanah keuskupan dan menuntut pembayaran pajak keuskupan agung. Raja William melarang Anselmus pergi ke Roma untuk menerima pakaian kebesarannya. Oleh karena itu, Anselmus meminta agar pakaian kebesarannya di antarkan ke Canterbury. Utusan Paus membawa permintaan Anselmus dan meletakannya di altar Canterbury. Tindakkan ini menunjukkan bahwa Anselmus hanya menaati Paus dan jabatan uskup agungnya diterima dari Paus bukan dari raja Inggris.

Pada tahun 1097 Anselmus pergi ke Roma tanpa sepengetahuan William. Karena bangkangnya Anselmus kepada raja Inggris, ia diasingkan. Pada tahun 1098, ia menghadiri Konsili Bari dan Konsili Lateran. Selama di pengasingan Anselmus banyak melahirkan karya-karya yang luar biasa.

Pada tahun 1100 William dibunuh dan yang menjadi penggantinya adalah Hendrik I. Raja baru ini mengajak Anselmus untuk kembali ke kursi Keuskupan Agung Canterbury. Hendrik I menuntut Anselmus untuk mengikrarkan kesetiannya kepada raja. Anselmus menolak permintaan raja dan sebagai akibatnya Anselmus kembali ke pengasingan.

Pada tahun 1105 Paus Pascal mengekskomunikasikan uskup-uskup yang diangkat oleh Hendrik I. Anselmus sendiri mengancam raja dengan tindakan ekskomunikasi. Perundingan perdamaian berjalan selama dua tahun dan berakhir di London pada tahun 1107.
Anselmus meninggal 21 April 1109. Pada tahun 1720 Paus Clemens XI menetapkannya sebagai doktor gereja.

Setiap 21 April diperingati sebagai peringatan untuk Sanctus Anselmus.

Karya-karya Anselmus :
-          Monologion
-          Proslogion
-          Clur Deus Homo (Mengapa Tuhan menjadi Manusia)
      (SCS)

Sumber:
http://www.imankatolik.or.id/kalender/21Apr.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Anselmus

Posting Komentar

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Lebih baru Lebih lama