DISKUSI “PERLUNYA KEBERAGAMAN PANGAN”




Dalam mengisi kegiatan masa libur perkuliahan, Bidang Pendidikan dan Kaderisasi mengajak dan mengasah kembali kader PMKRI Cab. Padang untuk berdiskusi. Diskusi kali ini merefresh kembali peringatan Hari Pangan Sedunia pada Desember 2013 yang lalu. Diskusi yang bertemakan “Perlunya Keberagaman Pangan” itu diadakan di sekretariat Jalan W.R. Mongonsidi No. 4 C Padang, Sabtu (11/01/14).
Diskusi yang menarik ini difasilitator oleh rekan-rekan anggota PMKRI Cab. Padang yang berlatar belakang jurusan Pertanian, adapun fasilitatornya yaitu Tarapul Sitinjak (THP-UNAND), Brigita Sabrina (THP-UNAND) dan Vincensius Saibuma (THP-UNES) sedangkan moderator dibawakan oleh Jeprianto (Biro PPK).
Dalam diskusi tersebut, Tarapul Sitinjak mengatakan bahwa “negara Indonesia dizaman yang canggih sekarang ini perlu mengadakan keberagaman pangan, melihat setiap tahunnya impor kebutuhan pokok dari luar negeri semakin bertambah banyak khususnya impor beras”.

Diskusi yang dihadiri kurang lebih 20 orang tersebut semakin menarik dan memberikan pemahaman baru kepada peserta diskusi tentang apa yang menjadi alasan kita untuk mengadakan keberagaman pangan. “Pangan berarti kebutuhan yang mendasar bagi manusia, jadi ketika hal ini tidak terpenuhi maka akan menjadi fatal bagi kondisi manusia” tegas Robby Zeffry sebagai Presidium Pendidikan dan Kaderisasi.
Tak terasa diskusi berlangsung selama kurang lebih 2 jam, dalam clossingnya Brigita mengatakan “Indonesia perlu mengadakan keberagaman pengan, dan teknologi untuk keberagaman pangan tersebut sudah lama dilakukan, seperti mie instan dan makanan instan lainnya yang bukan berasal dari beras khususnya”.
Vincen juga mengutarakan “kita harus siap mengubah kebiasaan dalam hal kebutuhan pokok dan harus bisa merubahnya”. Terakhir kata Tarapul Sitinjak mengatakan “Kita harus mendukung gerakan pemerintah dalam mengadakan keberagaman pangan dan mensosialisasikan kepada masyarakat yang belum mengerti akan keberagaman pangan” pungkasnya.

Posting Komentar

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Lebih baru Lebih lama