“SEMANGAT INTEGRITAS SEBAGAI WUJUD KADER YANG BERKUALITAS”



Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia Cab. Padang “Sanctus Anselmus”  baru saja merayakan ulang tahunnya yang ke-56.  Sedikitnya 5 rangkaian kegiatan telah berhasil diangkat oleh tim Dies Natalis PMKRI Cab. Padang Sanctus Anselmus yang dikomandoi oleh Bernardus Eko Sutikno selaku ketua tim bersama lima anggota tim lainnya. Acara yang berlangsung selama lebih kurang 1 bulan 1 minggu ini mampu membangkitkan semangat kaum muda khususnya anggota PMKRI dengan temanya  “Semangat Integritas sebagai Wujud Kader yang Berkualitas”.
                Acara ini diawali dengan sidang pembukaan pada tanggal 12 Oktober 2013 pukul 15.00 WIB bertempat di aula Komisi Sosial Keuskupan Padang. Sidang ini dihadiri oleh beberapa anggota dari organisasi kepemudaan, seperti  HMI, GMKI, dan beberapa OKP lainnya.
                Usai sidang pembukaan, acara dilanjutkan dengan acara ramah tamah dengan bersama para undangan yang hadir. Sambil menikmati suguhan ala PMKRI, para peserta ramah tamah luwes berdiskusi seputar kondisi kepemudaan saat ini. Sebenarnya, arah perbincangan dalam diskusi ini adalah menuju gerakan pada hari sumpah pemuda yang diperingati setiap tanggal 28 Oktober. Namun karena tidak semua perwakilan OKP dapat menghadiri acara tersebut, maka diputuskan untuk dilaksanakan diskusi di lain hari.
                Malam keakraban yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 19 Oktober 2013 merupakan rangkaian ke-2 kegiatan Dies Natalis PMKRI Cab. Padang. Malam keakraban ini dihadiri oleh anggota PMKRI Cab. Padang serta calon anggota baru PMKRI di sekretariat PMKRI Cab. Padang “Sanctus Anselmus”. Acara dimulai pada pukul 17.00 WIB dan diawali dengan games ringan guna mencairkan suasana sebelum acara inti dimulai. Puncak acara ini adalah dilaksanakannya lomba masak untuk seluruh anggota yang hadir dengan tema masakan ikan dan daging bakar.  Acara ini berlangsung meriah dan mendapat tanggapan positif dari anggota. Dengan dilaksanakannya acara ini, diharapkan hubungan antaranggota menjadi semakin erat dan akrab.
                Bertepatan dengan penyelenggaraan Hari Pangan Sedunia, Minggu, 3 November 2013, di aula Gereja St. Fransiskus Asisi, Padang Baru, dilaksanakan kegiatan sosial yang juga merupakan salah satu rangkaian Dies Natalis PMKRI Cab. Padang ke-56. Bekerja sama dengan PMI kota Padang,  tim dapat melaksanakan aksi donor darah sebagai salah satu bentuk kepedulian PMKRI terhadap sesama. Awalnya, antusiasme peserta dinilai kurang akan kegiatan ini. Banyak yang masih merasa takut dan tidak sedikit pula yang baru saja melakukan donor darah sehingga tidak dapat mendonor di saat itu. Namun, lama kelamaan para pendonor mulai berdatangan dan mendaftarkan diri untuk mendonorkan darahnya. Dari kegiatan ini, tim beserta PMI mampu mengumpulkan 22 kantong darah dari 33 orang yang mendaftar. 
                Integritas keanggotaan juga tampak dalam tingkat kreatifitas anggota. Untuk itu pada tanggal 10 November 2013 lalu,  tim berinisiatif menyelenggarakan lomba kreatifitas sebagai salah satu bentuk kegiatan Dies Natalis. Konsep lombanya sendiri adalah mengelola barang-barang bekas yang tidak terpakai lagi menjadi suatu karya yang mempunyai nilai guna. Harapannya, anggota PMKRI mampu meningkatkan daya kreatifitas mereka sekaligus dalam upaya mengatasi banyaknya sampah  di lingkungan sekitar. Sayangnya, lomba ini hanya diikuti oleh 1 tim saja.  Tim yang mengikuti adalah tim Hitam Putih  yang beranggotakan Grace, Sony, dan San. Mereka mengihiasi jam dinding yang sudah lama tidak terpakai dengan menggunakan bungkus rokok.
                Akhirnya tepat pada tanggal 17 November lalu, rangkaian kegiatan Dies Natalis PMKRI ke-56 ini diakhiri dengan sidang penutupan Dies Natalis ke-56 PMKRI Cab. Padang “Sanctus Anselmus” dilaksanakan. Sidang dilanjutkan dengan acara penutupan dan pentas seni. Acara ini dihadiri oleh Romo moderator Alexiius Sudarmanto,Pr , Bapak Yoakim Koba (Alumni dan dosen pendidikan agama Katolik), serta mahasiswa katolik lainnya. Dengan diselingi penampilan bakat dari tiap kampus dan beberapa kata sambutan, acara penutupan Dies Natalis kali ini berlangsung meriah.
                 “Saya selaku koordinator tim Dies Natalis PMKRI Cab. Padang yang ke-56, sangat berterimakasih kepada semua pihak yang telah membantu, terutama kepada tim Dies Natalis, Romo Moderator Alexius Sudarmanto, dan seluruh anggota PMKRI Cab. Padang demi lancarnya kegiatan Dies Natalis ini, serta kepada seluruh donatur yang juga turut membantu  jalannya rangkaian Dies Natalis ini. Saya sangat bangga bisa menyelesaikan tanggung jawab yang sudah dipercayakan kepada saya. Kegiatannya lancar, walupun tidak sempurna. Yang ingin saya sampaikan, mari kita semua seluruh anggota PMKRI Cab. Padang lebih  berpartisipasi mengikuti rangkaian kegiatan, apapun jenis kegiatannya. Biarlah acara kegiatannya sederhana, tetapi bisa membawa kita bahagia dan mengikutinya dengan cinta. Karena sederhana inilah yang akan terlihat istimewa. Jangan berharap semua akan sempurna karena yang sempurna hanya ada di negeri dongeng. Sederhana, bahagia dan cinta,” ujar Bernardus Eko Sutikno atau akrab dipanggil eko ketika diwawancarai.  Selamat ulang tahun PMKRI Cab. Padang tercinta, PETRA! (AS)

Posting Komentar

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Lebih baru Lebih lama